• Kam. Mei 30th, 2024

Kedatangan Jamaah Umroh Awal Musim ” Tim Alfiq Jemput Di Bandara Soeta “

ByMANTA

Agu 17, 2023

Jakarta | Alfiqtour sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umroh berizin Kemenag dengan No PPIU : U/106 Tahun 2022 menjalankan sesuai aturan pemerintah mengawal dari awal keberangkatan hingga tiba ditanah air yang amanah dan nyaman bagi para jamaah.

Tahun ini setelah dibukanya umroh oleh kerajaan Arab Saudi di Awal musim 1445 H, Alfiqtour memberangkatkan 38 jamaah umroh 10 hari dan hari ini tepatnya, Kamis, 17 Agustus 2023 pukul : 00.05 wib kepulangan jamaah di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng dijemput oleh team/Staff Alfiqtour.

Saat diwawancarai salah satu rombongan jamaah umroh H. Udin dari Muara Angke mengatakan ” Alfiq tour selalu penyelenggara perjalanan umroh profesional dalam menangani rombongan mulai dari manasik , keberangkatan hingga kepulangan jamaah nyaman dan amanah sesuai program terlebih di Saudi arabia, karna kan ibadah umroh 90% kebanyakan ada di KSA , baik dari hotel, restorannya hingga ibadahnya! Pokoknya rapi ,tanpa ada komplen dari jamaah”

Alfiqtour juga memberikan sertifikat umroh gift spesial berupa album poto selama melaksanakan ibadah umroh ketika sampai di bandara Cengkareng ” yaa sebagai album kenangan saja bukan niat untuk riya dan lain sebagainya, karna poto diupload dari group whatsapp ucap H udin

Sesuai dengan regulasi kementrian agama bahwa Biro Perjalanan/travel umroh wajib wajib menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh jamaah selama melakukan ibadah umroh.

Baca Juga : Umroh Awal Musim

Fasilitas yang wajib disediakan oleh travel umroh meliputi tiket pesawat, akomodasi di hotel, transportasi antar-jemput, makan, pemandu wisata berbahasa Indonesia, pembuatan visa umroh, perlengkapan ibadah, dan pembimbing spiritual.

Tiket pesawat ke Mekkah dan Madinah merupakan salah satu fasilitas yang diberikan dalam paket umroh. Tiket ini digunakan untuk perjalanan dari negara asal ke Arab Saudi dan kembali.

Umumnya, tiket ini diberikan oleh biro perjalanan umroh atau travel agent yang menyediakan paket umroh. Tiket ini dapat dipesan dan dibeli sebelum tanggal keberangkatan yang telah ditentukan.

Ada juga beberapa agen travel yang menyediakan tiket pesawat open, yang artinya tiket pesawat dapat dibeli tanpa harus menentukan tanggal keberangkatan pasti.

Akomodasi di hotel di sekitar kota suci Mekkah dan Madinah merupakan salah satu fasilitas yang juga wajib diberikan dalam paket umroh. Hotel yang disediakan biasanya berada di dekat Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, sehingga memudahkan jamaah untuk melakukan ibadah.

Biasanya, hotel yang disediakan dalam paket umroh adalah hotel bintang 3-5, dengan fasilitas seperti kamar mandi dalam, AC, televisi, dan lain-lain. Beberapa hotel juga menyediakan fasilitas seperti restoran, kolam renang, spa, dan lain-lain.

Namun, di beberapa kota suci Mekkah dan Madinah, ketersediaan hotel sangat terbatas dikarenakan banyaknya jamaah umroh yang datang setiap tahun. Sehingga, jamaah harus rela menempati hotel yang berjarak cukup jauh dari masjid, atau menempati guest house atau apartemen sewaan.

Transportasi antar jemput dari bandara ke hotel dan ke lokasi ibadah
Selanjutnya, travel umroh juga perlu menyediakan fasilitas antar jemput, mulai dari bandara, hotel, hingga tempat tujuan ibadah.

Transportasi yang digunakan biasanya berupa bus atau van yang dilengkapi dengan AC, sehingga nyaman untuk digunakan dalam perjalanan yang cukup jauh.

Transportasi ini dikelola oleh pihak biro perjalanan umroh atau travel agent yang menyediakan paket umroh, sehingga jamaah tidak perlu khawatir tentang transportasi selama di Arab Saudi.

Transportasi ini akan mengantar jamaah dari bandara ke hotel pada saat tiba di Arab Saudi, dan akan mengantar kembali ke bandara pada saat akan pulang. Transportasi juga akan mengantar jamaah ke lokasi ibadah seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Makan 3 kali sehari selama di Arab Saudi merupakan salah satu fasilitas yang diberikan dalam paket umroh. Dalam paket umroh biasanya telah tercakup makan pagi, makan siang, dan makan malam yang akan disediakan oleh hotel atau pihak yang menyediakan paket umroh.

Makanan yang disediakan biasanya berupa makanan Arab tradisional seperti nasi kabsah, mandi, makloubah, dll. Namun, juga ada juga beberapa hotel yang menyediakan menu makanan internasional seperti western food, chinese food, dll.

Beberapa paket umroh juga menyediakan makan bebas di restoran yang telah ditentukan. Hal ini memungkinkan jamaah untuk memesan makanan sesuai dengan selera masing-masing. Namun, beberapa paket umroh juga tidak mencakup makan bebas dan hanya memberikan makan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Muthowif / Muthowifah berbahasa Indonesia
Pemandu wisata berbahasa Indonesia juga sangat penting bagi calon jamaah. Pemandu wisata ini akan menemani jamaah selama di Arab Saudi dan akan membantu dalam menjelaskan rutinitas ibadah, serta memberikan informasi tentang lokasi-lokasi yang dikunjungi.

Muthowif/Muthowifah juga akan membantu dalam hal-hal yang diperlukan selama di Arab Saudi, sepertu mengurus administrasi, menjawab pertanyaan-pertanyaan, dll.

berbahasa Indonesia ini dapat membantu jamaah yang tidak mengerti bahasa Arab, sehingga jamaah dapat lebih mudah dalam mengikuti rutinitas ibadah serta dapat memahami informasi yang diberikan.

Di samping itu, pemandu wisata ini juga dapat membantu jamaah dalam mengatasi masalah yang mungkin timbul selama di Arab Saudi.

Pembuatan visa umroh merupakan salah satu fasilitas yang diberikan dalam paket umroh. Visa umroh adalah izin masuk yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk orang yang akan melakukan ibadah umroh. Pembuatan visa ini biasanya ditangani oleh pihak biro perjalanan umroh atau travel agent yang menyediakan paket umroh.

Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk pembuatan visa umroh, diantaranya:

Paspor yang masih berlaku
Fotokopi KTP
Fotokopi akte lahir
Pasfoto 3×4
Surat keterangan sehat dari dokter
Surat keterangan bebas HIV
Surat keterangan dari kepala desa/RT/RW (untuk yang belum pernah ke Arab Saudi)
Setelah dokumen yang dibutuhkan diterima oleh pihak travel agent, mereka akan mengirimkan dokumen tersebut ke konsulat Arab Saudi untuk proses pembuatan visa. Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan visa bervariasi, namun biasanya sekitar 2-4 minggu. Setelah visa diterbitkan, pihak travel agent akan mengirimkan visa kepada jamaah.

Perlengkapan ibadah merupakan salah satu fasilitas yang diberikan dalam paket umroh. Perlengkapan ibadah yang disediakan biasanya meliputi:

Tas umroh: Tas yang digunakan untuk menyimpan barang-barang pribadi selama melakukan ibadah umroh.
Kain ihram: Kain yang digunakan oleh jamaah laki-laki sebagai pakaian saat melakukan ibadah haji dan umroh.
Sandal umroh: Sandal khusus yang digunakan saat melakukan ibadah haji dan umroh.
Perlengkapan lainnya: Seperti sepatu wudhu, tas wudhu, kotak wudhu, dll

Perlengkapan ibadah ini diberikan oleh pihak biro perjalanan umroh atau travel agent yang menyediakan paket umroh sebelum jamaah berangkat ke Arab Saudi. Perlengkapan ibadah ini dapat digunakan selama melakukan ibadah umroh dan kembali lagi setelah ibadah selesai.

Pemakaian perlengkapan ibadah ini sangat penting karena merupakan salah satu dari rukun umroh, sehingga diharapkan jamaah memperhatikan ketentuan dalam pemakaiannya.

Pembimbing spiritual merupakan salah satu fasilitas yang diberikan dalam paket umroh. Seorang pembimbing spiritual adalah ustadz atau kyai yang ditugaskan untuk memandu dan menjelaskan rutinitas ibadah serta memberikan dzikir dan doa selama melakukan ibadah umroh. Di samping itu, pembimbing spiritual ini akan membantu jamaah dalam mengatur waktu sholat, tata cara shalat, dll.

Pembimbing spiritual juga akan membimbing jamaah dalam menjalankan ibadah haji dan umrah sesuai dengan tata cara yang benar sesuai dengan sunnah Rasulullah.

Pembimbing spiritual ini akan membantu jamaah dalam menghafal doa-doa yang dibaca selama melakukan ibadah haji dan umrah. Selain itu, pembimbing spiritual juga akan memberikan motivasi dan nasihat yang dibutuhkan oleh jamaah selama melakukan ibadah haji dan umrah.

Alhamdulillah semua rangkaian diatas dilaksanakan oleh Alfiqtour.
H.Engkus Kusnadi selaku direktur PT. Akmalusya Fiqoh menambahkan,” perjalanan awal musim ini sungguh luar biasa karna setelah hajian umroh dimulai Muharam 1445 H. Kami sangat mengedepankan pelayanan dan kenyamanan kepada para jamaah , ini kan tamu Allah jadi harus dilayani dengan ikhlas dan sepenuh hati ” ucapnya menutup pembicaraan.(ubay)

By MANTA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.